Hipakad Kota Bogor Gelar Donor Darah Peduli Thalasemia yang Ke-9

KOTABOGOR(Literasi.co.id) – Dalam rangka menunjukkan solidaritas dan kepedulian terhadap saudara-saudara penderita Thalasemia, Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (DPC Hipakad) Kota Bogor menggelar acara donor darah yang berlangsung di Area Museum Perjuangan, Jalan Raya Merdeka, Kota Bogor, pada Minggu, 9 Juni 2024.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB ini berhasil menarik perhatian ratusan warga Bogor dan sekitarnya. Dengan penuh antusiasme, para peserta donor darah datang untuk memberikan sumbangan darah mereka, yang sangat dibutuhkan oleh penderita Thalasemia dan pasien lain yang membutuhkan transfusi darah.

Ketua DPC Hipakad Kota Bogor, Dede Suhendar, dalam wawancara kepada awak media  menyatakan, bahwa acara ini merupakan bagian dari komitmen Hipakad dalam mendukung kesehatan masyarakat dan menumbuhkan semangat gotong royong.

“ Ini adalah Donor Darah yang ke 9 kalinya dari Hipakad Kota Bogor, karena kami melihat betapa pentingnya bantuan darah untuk saudara-saudara kita yang menderita Thalasemia. Melalui acara ini, kami berharap bisa membantu meringankan beban mereka dan memotivasi masyarakat untuk terus peduli satu sama lain,” ujar Dede pada Minggu (9/6).

Menurut Dede, Thalasemia merupakan salah satu penyakit genetik yang membutuhkan transfusi darah rutin. Kebutuhan darah yang konstan membuat para penderita sering menghadapi tantangan dalam mendapatkan pasokan darah yang cukup.

” Oleh karena itu, acara donor darah ini menjadi sangat penting untuk memastikan ketersediaan darah yang cukup bagi mereka. Maka Hipakad Kota Bogor hadir untuk senantiasa membantu dalam pengumpulan ketersediaan darah bagi saudara kita penderita Thalasemia,” paparnya.

Dede menambahkan, kegiatan ini tentu tak lepas dari peran kerjasama antara PMI UDD PMI Kota Bogor serta pihak Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Bogor Raya.

” Kami dari DPC Hipakad Kota Bogor sudah melakukan MoU dengan UDD PMI Kota Bogor dan termasuk pihak POPTI Bogor Raya dalam pelaksanaan donor darah yang rutin kita laksanakan setiap tiga bulan sekali di area Museum Perjuangan Kota Bogor ini,” tandas Dede yang menjabat sebagai Ketua Cabor Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (PELTI) Kota Bogor.

Acara ini juga didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor yang menyediakan fasilitas dan tenaga medis untuk memastikan proses donor darah berjalan lancar dan aman.

Salah ormas yang ikut serta dalam acara donor darah ini adalah dari KB FKPPI Rayon Bogor Tengah, Sally Sumeke selaku Sekretarisnya sangat mengapresiasi dengan langkah konsisten yang dilakukan oleh rekan dari Hipakad Kota Bogor dengan peduli kepada saudara penderita Thalasemia.

” Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menambah stok darah di Kota Bogor. Setiap tetes darah yang didonorkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Hipakad dalam membantu memenuhi kebutuhan darah di daerah ini,” ungkap Sally.

Para peserta donor darah diberikan pemeriksaan kesehatan awal untuk memastikan kelayakan mereka sebagai pendonor. Setelah mendonorkan darah, mereka juga mendapatkan makanan ringan dan minuman untuk memulihkan energi.

Selain donor darah, DPC Hipakad Kota Bogor pun senantiasa memberikan bantuan yang kadeudeuh bagi saudara dan adek – adek penderita penyakit Thalasemia.

Pihak DPC Hipakad juga mengundang beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) se- Kota Bogor dan termasuk institusi TNI – Polri selaku pembinanya di Organisasi Hipakad.

Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian yang ditunjukkan oleh masyarakat dan DPC Hipakad Kota Bogor, acara donor darah ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk terus berbagi dan membantu sesama, khususnya mereka yang membutuhkan transfusi darah rutin seperti penderita Thalasemia.