Keren, Kapolresta Bogor Kota di Anugerahi Penghargaan oleh KemenPPPA, Ini Kategorinya

KOTABOGOR(Literasi.co.id) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI memberikan penghargaan kepada Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, atas perannya dalam penyelenggaraan perlindungan anak yang ada di Kota Bogor melalui program inovatif ” SKCK Goes To School “. Kegiatan ini berlangsung di Aula Mapolresta Bogor Kota pada, Selasa 8 Juli 2024.


Deputi Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA, Nahar mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kinerja Kapolresta Bogor Kota dan jajarannya, lewat program “SKCK Goes to School” dalam menangani anak-anak yang terlibat tawuran.


Nahar juga menjelaskan, KemenPPPA melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap aktivitas-aktivitas perorangan maupun lembaga, yang berperan dalam menangani perlindungan anak.


“Secara kelembagaan, kami mendapatkan laporan Polresta Bogor Kota melakukan kegiatan yang sesungguhnya membantu keluarga, membantu pemerintah, untuk menangani anak-anak yang perlu penanganan dan perlindungan khusus. Dalam hal ini adalah penanganan anak-anak yang terlibat tawuran,” kata Nahar, Deputi Perlindungan Anak KemenPPPA.


Nahar mengatakan, dalam program SKCK Goes to School ini Polresta Bogor Kota melakukan mitigasi yang selangkah lebih maju, dalam rangka mencegah anak-anak harus berhadapan dan diproses hukum.


“Sebelum itu terjadi, Pak Kapolresta, begitu ada tanda-tanda anak melakukan tawuran, ada laporan dari masyarakat, kemudian dimasukkan ke dalam SKCK Goes to School,” imbuhnya.
Kegiatan yang dilakukan dalam SKCK Goes to School antara lain, membersihkan sungai, membuat produk keterampilan, berkebun di kebun hidroponik, olahraga bersama, penanganan mental atau mental treatment, dan sebagainya.


“Kami berharap ini bisa diadopsi di daerah lain. Program seperti ini itu komprehensif. Dalam menangani anak yang perlu penanganan itu harus cepat, komprehensif, dan terintegrasi. Nah tiga unsur itu muncul di SKCK Goes to School,” ucapnya.


Nahar juga mengatakan, dengan pendampingan dari Polresta Bogor Kota, banyak keluarga yang merasa nyaman karena anak-anaknya merasa memiliki polisi sebagai orangtua asuh.


“Jadi upaya yang dilakukan untuk memperbaiki situasi dan kondisi yang tidak diharapkan. Anak-anak tentu dalam posisi seperti ini, tidak semua orangtua siap untuk mengasuh,” tandasnya.
Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Kapolresta Bogor Kota sangat mengapresiasi dan terhormat dengan menerima penghargaan dari Kementerian PPA melalui program ‘SKCK Goes To School’ sebagai program inovasi dalam hal menurunkan tingkat kenakalan dan tawuran dikalangan remaja di Kota Bogor.


” Program ini bukan hanya sekedar inovasi administratif dalam penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bagi siswa-siswi di Kota Bogor, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam menanggulangi dan mencegah angka tawuran serta kenakalan remaja di kalangan anak-anak. Dengan memperkuat keamanan dan kesadaran akan pentingnya perilaku yang baik di lingkungan sekolah, kami berharap dapat menciptakan generasi muda yang lebih baik dan lebih aman,” jelas Bismo.


Bismo mengatakan ucapan terima kasih atas pengakuan ini, yang menjadi bukti bahwa kerja keras jajaran Polresta Bogor Kota tidak sia-sia. Penghargaan ini juga memotivasi pihaknya untuk terus mengembangkan inovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam melindungi anak-anak sebagai aset berharga bangsa ini.


” Kami berharap program ‘SKCK Goes To School’ ini dapat menjadi contoh dan diadopsi oleh daerah lain sebagai solusi efektif dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan anak-anak di sekolah. Kembali, terima kasih atas penghargaan ini dan dukungan semua pihak dalam upaya kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk masa depan generasi penerus bangsa,” bangganya.