Cetak Kader Osis Berkualitas, Ratusan Siswa SMPN 11 Antusias Ikuti LDKS

oleh -31 Dilihat
Ratusan Siswa saat ikuti materi jurit malam dalam kegiatan LDKS di SMPN 11 Kota Bogor pada Jum'at (4/11/22) malam.

BOGOR (Literasi.co.id) – Ratusan siswi dan siswi antusias dan penuh semangat ikut kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar Siswa (LDKS) yang digelar oleh bidang kesiswaan SMPN 11 Kota Bogor yang dilaksanakan sejak Jum’at dan Sabtu (4-5 November 2022) di Aula dan Lapangan SMPN 11 Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Berbagai materi disampaikan dalam kegiatan LDKS ini seperti kepemimpinan, lingkungan hidup dan wiyata mandala, kegiatan kreatif, inovatif, kompetitif untuk persiapan OSN, O2SN, FLS2N, Outbound, pengenalan organisasi intra sekolah ( Osis ), olahraga, PBB dan games.

” Tujuan utama dilaksanakan LDKS ini adalah mendidik siswa dan siswi calon Osis menjadi seorang pemimpin, apalagi disini Osis merupakan ranting satu tingkat lebih tinggi dari siswa yang lainnya yang merupakan tim inti dari sekolah itu sendiri,” ungkap Dewi Marlinda selaku Ketua Panitia LDKS 2022 SMPN 11 Kota Bogor pada Jum’at (4/11/22).

Karena pada dasarnya segala kegiatan yang diadakan disekolah, tentu ada keterlibatan dari anak-anak Osis ini yang harus bisa mengkoordinir sekaligus memimpin teman-temannya. Selain itu, anak-anak calon Osis ini juga diberikan bekal cara memanage dalam berorganisasi.

“Point utamanya dalam pelaksanaan LDKS ini selain dibentuk menjadi seorang pemimpin, dibekali rasa tanggungjawab dalam mengkoordinir kegiatan dalam berorganisasi tentunya. Nah selain keberadaan Ketua Osis nanti, tentu mempunyai Sekbid yang fungsinya akan mengcover semua kegiatan yang berhubungan kesiswaan disekolah,” papar Dewi yang menjabat selaku Waka Kesiswaan juga.

Guna menambah motivasi dalam penyampaian materi di dalam LDKS ini, pihak sekolah pun menghadirkan pihak Babinsa, Koptu Andry Herliyanto dari TNI dan Babhinkamtibmas yaitu Aipda Rachmat Ismanto yang bertugas di Kelurahan Sempur.

“Ini adalah bentuk kegiatan yang sangat positif khusus bagi anak-anak disekolah. Selain membentuk karakter anak, ini juga bisa menjadi modal kepemimpinan bagi para siswa dan siswi. Terlebih, sekarang lagi viral terkait bullying dan kenakalan remaja lainnya, nah ini adalah acara yang sangat jitu dan efektif untuk mengconternya,” ucap Koptu Andri yang didampingi Aipda Rachmat seusai memberikan materi dihadapan ratusan anak-anak SMPN 11 Kota Bogor pada Sabtu (5/11/22).

Menurutnya, output dari hasil LDKS inipun bisa digunakan nantinya ketika dirinya masuk di jenjang sekolah menengah atas atau SMA. Karena sudah memiliki bekal, maka mereka pun akan dengan mudah mempraktekkan dikemudian hari di dalam wadah berorganisasi ditingkatan apapun.

” Semoga melalui sarana LDKS ini menjadikan anak-anak siswa di SMPN 11 memiliki dasar kepemimpinam serta tanggungjawab khusus bagi organisasi intra sekolah maupun untuk dirinya sendiri dikemudian hari,” jelasnya.

Kegiatan LDKS di SMPN 11 Kota Bogor ini merupakan kegiatan rutin di setiap tahunnya, guna mencetak kader-kader calon pengurus Osis yang akan memimpin dan mengkoordinir seluruh siswa dan siswi.

Materi malam harinya, dilaksanakan acara inagurasi sekaligus penyematan logo wings sebagai tanda telah mengikuti LDKS dan kegiatan diakhiri dengan upacara pembubaran dengan dihadiri guru pembimbing serta siswa-siswi pendamping.

No More Posts Available.

No more pages to load.