Dubes Kanada Bahas Pengurangan Sampah Plastik di Kota Bogor

oleh -71 Dilihat

BOGOR (Literasi.co.id) – Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia bersama dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik mengunjungi Kota Bogor untuk program pengurangan sampah plastik.

Dalam kunjungannya, Dubes Kanada Nadia Burger dan Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Tiza Mafira diterima oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya di ruang Paseban Sribima Balai Kota Bogor, pada Kamis (11/8/2022).

Sebelum di Balai Kota Bogor, Tiza Mafira bersama Nadia Burger mengaku telah berkunjung ke Pasar Kebon Kembang untuk meninjau langsung program Pasar Bebas Plastik.

Program yang diterapkan sejak 2021 itu telah menghasilkan pengurangan kantong plastik sebanyak 30 persen dan peningkatan konsumen yang membawa tas belanja sendiri hampir 20 persen.

“Tadi bu Nadia Burger mengunjungi pasar, melihat bagaimana pedagang di sana, tadi pengunjung beli beras, segala macam, tidak menggunakan kantong plastik,” ungkap Tiza.

Dia mengaku akan terus bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor untuk menyusun kebijakan-kebijakan pembatasan plastik sekali pakai. Menurutnya, kegiatan itu mendapat dukungan dari banyak pihak.

Dalam pertemuan itu, Bima Arya bercerita pernah meraih Adipura saat di bangku sekolah. Karena itu, dirinya ingin Kota Bogor kembali mendapat penghargaan Adipura.

“Adipura bukan hanya penghargaan, tetapi tentang meningkatkan kualitas hidup, menyiapkan generasi selanjutnya,” kata Bima menambahkan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah memberlakukan kebijakan larangan penggunaan kantong plastik dengan program Pasar Bebas Plastik di pasar tradisional seluruh Kota Bogor.

Menurut Kepala DLH Kota Bogor, Denni Wismanto, langkah-langkah yang dilakukan itu tentu membutuhkan dukungan dan konsistensi.

Dia menjelaskan, di negara Kanada, mulai dari pemerintah pusat hingga industri-industrinya juga memproduksi kantong yang bisa didaur ulang. Dia berharap itu juga bisa dilakukan di Kota Bogor.

Kebijakan itu dilakukan agar setiap industri ikut mendorong pengurangan sampah plastik yang bisa dipakai berkelanjutan atau yang mudah terurai oleh alam.

No More Posts Available.

No more pages to load.