Operasi Gaktibplin Kogartap II/Bandung Di Bogor, Upaya Memelihara Ketertiban dan Kedisiplinan TNI-Polri

oleh -62 Dilihat

BOGOR(Literasi.co.id) – Dalam upaya penegakkan disiplin anggota TNI dan Polri ( GAKTIBPLIN ), Detasemen Polisi Militer (Denpom) Komando Garnisun Tetap (Kogartap) II/Bandung dalam rangka mendukung kegiatan dari Subkogartap 0606 Bogor yaitu dalam melakukan operasi dan patroli di sejumlah tempat hiburan malam ( THM ) di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor pada Rabu (21/9/22) malam.

Kogartap II Bandung melaksanakan kegiatan ini, dalam rangka menegakkan Ketertiban TNI melaksanakan Operasi Penegakan Ketertiban ( OpsGaktib WASPADA WIRA GODAM Tahun 2022).

Operasi penegakan ketertiban Ini berlangsung sepanjang tahun yang meliputi wilayah Bandung, Cimahi, Cirebon, Bogor, Tasik dan  Wilayah Cilegon.

Kegiatan ini diawali dengan apel bersama puluhan personil TNI, Polri dan Satpol PP dengan menggunakan puluhan kendaraan roda 4, lokasi pertama yang didatangi adalah tempat karaoke dan club Parun’k Transit di Jalan Raya Kemang, M-one, Ruko Dua Raja Sukaraja perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bogor.

Asops Kogartap II/Bandung Kolonel Inf Sukirman S. H yang memimpin langsung kegiatan razia gabungan ini menyampaikan, kegiatan malam ini adalah salah satu tugas dari Kogartap yaitu memelihara dan menegakkan ketentuan-ketentuan militer dalam rangka meningkatkan soliditas persatuan daj kesatuan antara kesatuan-kesatuan TNI yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

“Nah salah satu fungsi dari Garnisun ini yaitu memelihara dan meningkatkan ketertiban disiplin dan hukum diwilayah. Malam ini kita lakukan tugas patroli dan razia dengan target oknum anggota TNI maupun Polri yang menyimpang dari ketentuan kedinasannya baik di institusi TNI maupun Polri,” ujarnya kepada awak media sesuai melaksanakan razia disalah satu Club malam di wilayah Kandang Roda pada Rabu (21/9/22).

Senada di sampaikan juga oleh Dandenpom Gartap II Bandung, Mayor CPM Jarot Nyamantoro,S.H, kegiatan operasi penegakan ketertiban TNI yang dilakukan Detasemen Polisi Militer Kogartap II/Bandung dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Subkogartap 0606 Bogor.

“Alhamdulillah pelaksanaan malam ini didukung penuh oleh Denpom III/I Bogor, Pomau Lanud Atang Sendjaja Bogor, Polresta dan Polres Bogor dan ini didukung oleh Satpol PP Kota dan Kabupaten Bogor. Tujuannya adalah menciptakan dan mempertahan situasi kondusif di wilayah baik Kota maupun Kabupaten Bogor dan kami juga berpesan dalam pelaksanaannya tetap dilakukan dengan cara humanis, ” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wadandenpom Kogartap II/Bandung, Mayor Cpm Budi prasojo sangat mendukung penuh dan sekaligus mengapresiasi kegiatan seperti ini, kegiatan malam ini didukung sejumlah 60 personil dalam operasi razia penegakan disiplin kali ini.

“Sasaran utama dalam pelaksanaan penegakan disiplin adalah menyisir dan mendatangi THM yang diduga sering didatangi oleh oknum TNI-Polri yang jelas bertentangan dengan ketentuan dari masing-masing institusi. Terlepas dari itu semuanya, kami juga menyertakan Satpol PP yang akan menindak masyarakat sipil yang tidak memiliki identitas serta bagi ASN yang mendatangi lokasi hiburan malam yang bukan peruntukkannya dan sehingga pihak Satpol PP akan melakukan tugas dan fungsinya,” bebernya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor masih dalam keadaan aman dan kondusif, menurutnya ini dibuktikan saat mendatangi beberapa lokasi THM ternyata tidak ditemukam oknum baik dari TNI, Polri maupun yang lainnya.

“Selain dari penegakan disiplin, malam ini kami dalam rangka menegakkan peraturan bagi THM yang menyalahi perijinannya dan penggunaanya. Ini berkaitan dengan peruntukannya, dikhawatirkan digunakan untuk penggunaan narkoba dan yang lainnya, namun situasi masih aman terkendali dan tidak ditemukan hal yang menonjol,” tandasnya.

Selanjutnya, saat mengecek dan mendatangi beberapa THM di wilayah Kota Bogor pun, petugas tidak menemukan oknum baik TNI-Polri atau masyarakat sipil yang tidak mengantongi identitas dan para ASN sedang berada dilokasi tempat hiburan malam ini.

Pada pagi hari tadi, Ops Gaktibplin juga dilakukan Gokartap II/Bandung bersama Subkogartap 0606, Denpom III/1 Bogor, Pomau Lanud Atang Sendjaja, Pomal, Satlantas Kota Bogor dan Dishub Kota Bogor dijalan Raya Pajajaran. Dan obyek razia ini adalah mengecek kelengkapan administrasi kendaraan berupa SIM dan STNK, kelengkapan kendaraan, surat ijin keluar kesatrian, Kartu Identitas Prajurit, dan juga kelengkapan lainnya sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh TNI.

Selain itu ini dilakukan untuk menghindari penggunaan kendaraan dinas TNI oleh masyarakat yg tidak berhak, penyalahgunaan plat dinas TNI, atribut TNI, seragam TNI, Logo TNI, lampu dan rotator Strobo.

No More Posts Available.

No more pages to load.