Patung Pahlawan Kapten Muslihat Akan Jadi Iconic Kota Bogor, Inilah Sosok Anak FKPPI Sebagai Desainernya

oleh -33 Dilihat
Rancangan Patung Pahlawan Kapten Muslihat Iconic Kota Bogor, hasil karya anak bangsa Putra Pejuang 45, Yayat Darajat

BOGOR(Literasi.co.id) – Pasca Pemkot Bogor melalui Disperumkim ketok palu dan menyetujui dalam pembuatan kembali patung tokoh pejuang kemerdekaan, Kapten Muslihat. Dengan diawali persetujuan ahli waris dan penyesuaian lokasi penempatan patung sebagai icon Kota Bogor.

Pembuatan patung inipun sedang dalam progres dikerjakan oleh ahlinya, dan rencananya akan ditempatkan di taman pertigaan Jalan Merdeka dan Jalan Kapten Muslihat dengan posisi menyerong menghadap Istana Bogor pada 25 Desember 2022 tepat di tanggal wafatnya Kapten Muslihat.

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky Faizal menyampaikan, rangkaian proses pembuatan patung Kapten Muslihat sedang berjalan. Dirinya menginginkan dalam proses pembuatannya lancar dan bisa terlaksana sesuai tanggal yang ditentukan.

” Rencana memang kita akan launching atau pemasangannya di tanggal 25 Desember 2022, ini bertepatan dengan wafatnya Kapten Muslihat. Dalam pembuatannya kita memang tidak terburu-buru, karena pembuatan karya seni ini dilakukan secara manual,” papar Irfan pada media, Senin (14/11/22).

Menurutnya, dalam pembuatannya secara manual ini diusahakan semaksimal mungkin mirip dan sempurna dengan aslinya. Mulai gestur tubuh dibuat secara profosional, dan yang lebih penting itu adalah tingkat kemiripan wajah dari tokoh kemerdekaan ini.
“Berkaca dari patung sebelumnya, tingkat kemiripan wajah beliau yang sangat diperhatikan. Jadi kami buat semirip mungkin dengan aslinya, sesuai referensi dan informasi langsung dari keluarga ahli waris dan ditambah dengan poto-poto lukisan beliau yang menjadi dasarnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irfan menjelaskan, secara tinggi tubuh dari patung Kapten Muslihat kurang lebih 2 meter dengan tinggi base patung 1,5 meter dari permukaan taman.
Dan sedangkan untuk patung lama setengah badan akan dipasang di kantor Legiun Veteran Republik Indonesia di Jalan Sudirman.

“Secara literasi dan menggali informasi ini cukup lama juga, sejak alun-alun Kota Bogor mulai dibangun sudah mulai bergerak, mulai dari cucunya ahli waris, stakeholder serta literasi langsung dari para budayawan, sejarawan dan salah satu veteran yang ikut serta berjuang dengan Kapten Muslihat,” beber Irfan.

Justru ada hal unik yang sangat tidak dirasakan, ketika tim bersama Wakil Walikota Bogor berkunjung kelokasi pembuatan patung Kapten Muslihat ini, dan tanpa disadari
bahwa hari itu tanggal 26 Oktober 2022, bertepatan dengan lahirnya pejuang kemerdekaan Bogor ini.

” Kaget dan tanpa disadari, ketika Tim bersama Wakil Walikota bertandang ke lokasi pembuatan, ternyata hari itu bertepatan dengan hari lahir beliau yaitu 26 Oktober. Kehadiran Dedie A Rachim selaku Wakil Walikota di lokasi pembuatan sangat berarti sekali, karena memang beliau juga ahli seni rupa dan dibantu para ahlinya, semoga bisa selesai sempurna dan maksimal pada waktunya serta kehadiran patung ini akan menjadi icon Kota Bogor,” harapnya.

Mungkin banyak orang tidak mengetahui, dibalik perencanaan patung Kapten Muslihat ini, ada sosok putra pejuang 45 dan juga sekaligus pengurus dari Keluarga Besar Forum Komunikasi Purnawirawan Putra-Putri TNI-Polri ( KB FKPPI ) 10.05 Kota Bogor.

Adalah Yayat Darajat, sosok perencana design dari patung Kapten Muslihat, dirinya sangat bangga bisa ikut langsung dalam perencanaan pembuatan patung ini dengan diawali menggali semua literasinya se detail mungkin dari berbagai pihak.

“Dalam perencanaan patung Kapten Muslihat yang terbuat dari tembaga ini berdasarkan acuan dari literatur yang amat minim awalnya tentang beliau. Kemudian hasil wawancara dengan pihak ahli waris,  melalui pendekatan. Nah dari situ, maka saya mencoba memvisualkan dalam bentuk patungnya,” ucap Yayat.

Yayat menambahkan, hasil dari literatur yang diperoleh secara mendalam, maka di dapat postur tubuh dengan tinggi 160 cm dan berat badan 55 kg. Dia mengatakan, karakter Kapten Muslihat menggambarkan sosok pemimpin yang berwibawa, tenang dan cerdas.

” Melalui hasil literatur inilah, kita bisa melihat bahwa sosok Kapten Muslihat adalah seorang pemimpin yang sangat bijak, tenang, bijaksana dan cerdas. Ini bisa dilihat dari yang beliau kenakan pada saat bertempur melawan penjajah waktu itu, dan kita juga masih terus melakukan penggalian lebih dalam, semoga semuanya berjalan lancar dan hasilnya bisa sempurna,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.