Tanamkan Kebangsaan, IPSI Kota Bogor Kibarkan Merah Putih di Tugu Kujang

oleh -76 Dilihat

KOTABOGOR(Literasi.co.id) – Presiden Pencak Silat Dunia, Mayjen TNI Purn. DR. HC. Eddie M. Nalapraya bersama puluhan Pengurus dan anggota IPSI Kota Bogor berpartisipasi dalam Perhelatan Festival Merah Putih 2022 ( FMP ) Kota Bogor dalam rangka memperingati HUT RI Ke 77 dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera di area Tugu Kujang Kota Bogor pada Kamis (18/8/22).

Ajang Festival Merah Putih yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 hingga 31 Agustus 2022 mendatang ini diisi berbagai rangkaan acara dan salah satunya adalah pengibaran dan penurunan bendera yang sudah terjadwal dari berbagai perwakilan Forkopimda, Kedinasan, BUMD, Universitas, Ormas, Sekolah dan Institusi TNI – Polri.

Seusai pengibaran bendera bersama IPSI Kota Bogor, Presiden Pencak Silat Dunia, Mayjen TNI Purn. DR. HC. Eddie M atau yang lebih dikenal juga sebagai Bapak Pencak Silat Sedunia menuturkan, memang dalam hal ini IPSI sangat perlu dalam hal aktif dan ikut serta menjadi salah satu pengisi di hari Kemerdekaan RI Ke 77,yang memang notabene sebagai hari lahirnya bangsa dan negara Republik Indonesia.

” Terlebih bagi para pesilat-pesilat muda yang harus terus ditanamkan jiwa dan rasa kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme sejak dini. Dan patut berbangga hati juga bagi seluruh bangsa ini dan para pesilat dimanapun, bahwa Pencak Silat sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya takbenda sejak tahun 2019,” ungkapnya.

Terlebih menurut Eddie, dalam pelaksanaan memperingati HUT Kemerdekaan RI seperti ini sangat mendukung sekali bagi para pencak silat itu sendiri. Selain itu, memang pada dasarnya para pesilat yang tergabung di  IPSI di didik, dilatih dan diasah mentalnya dan di tempa fisiknya juga.

” Jadi semua anggota IPSI memang dasarnya  sudah mendapatkan pelatihan dan pendidikan fisik maupun mental yang kuat ( (Security Aspek) termasuk bimbingan akhlaq yang mumpuni sebagai penunjang ketahanan nasional. Dalam mengisi kemerdekaan ini, anggota IPSI harus memahami dan juga memelihara warisan budaya pencak silat sebagai kebanggaan dan jati diri bangsa,” tukasnya.

Ridwan selaku Sekretaris Panitia FMP 2022 sangat mengapresiasi dengan ikut terlibatnya IPSI kali pertama ini dalam pengibaran bendera merah putih sebagai salah rangkaian dari FMP itu sendiri yang digulirkan sejak tahun 2020 berdirinya FMP ini.

” Kali pertama ini IPSI bisa ikut serta dalam rangkaian kegiatan pengibaran di Festival Merah Putih 2022, kami sangat mengapresiasi sekali atas dukungan serta partisipasinya yang sangat luar biasa. Terlebih yang sangat membanggakan sampai Presiden Pencak Silat Dunianya bisa hadir, dan ini diluar kami selaku pihak pelaksana panitia FMP,” jelas Ridwan.

Yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pengibaran bendera kali ini adalah Wakil Ketua 3 di IPSI Kota Bogor, Medi Jumhari.

No More Posts Available.

No more pages to load.