Budaya Kuansing, Sandiaga Uno Buka Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022

oleh -75 Dilihat

RIAU (Literasi.co.id) – Event Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 telah resmi dibuka oleh Menparekraf Sandiaga S. Uno untuk memperingati HUT RI ke-77, di Lapangan limuno Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau, pada Minggu (21/8/2022).

Festival Pacu Jalur itu digelar pada 21 sampai 25 Agustus 2022, diikuti oleh perwakilan dari Desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Pembukaan festival tersebut juga diisi dengan pawai peserta di Sungai Indragiri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wamen ATR Raja Juliantoni mendampingi Menparekraf, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Bupati Inhil HM Wardan.

Suhardiman Amby menyampaikan, kegiatan Pacu Jalur dulu dilakukan untuk memperingati hari besar Islam. Sedangkan pada masa penjajahan Belanda, kegiatan itu digelar sebagai peringatan hari ulang tahun Ratu Helmina.

Namun demikian, setelah Indonesia merdeka, kegiatan Pacu Jalur itu digelar setiap tahun untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI).

Pacu Jalur ini terkoneksi dengan 43 air terjun, satu bukit piramid dan belasan danau indah. Kegiatan itu merupakan budaya yang telah mendarah daging bagi masyarakat Kuansing.

Sandiaga Uno dalam sambutannya berharap, Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Riau, khususnya di Kabupaten Kuansing.

Selain itu, kata Sandiaga, kegiatan itu juga bisa menjadi media promosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Kuansing. Karena, festival tersebut merupakan salah satu dari 110 event yang terpilih dalam Kharisma Event Nusantara 2022.

“Siapa tahu suatu saat ini akan menjadi festival (bertaraf) internasional,” kata Sandiaga menambahkan.

Sebelumnya, festival itu sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Karena itu, Gubernur Riau, Syamsuar mengajak masyarakat Kuansing untuk menyukseskan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022.

“Diharapkan dengan promosi yang bagus dan terus menerus dapat menarik lebih banyak wisatawan kedepannya untuk berkunjung ke Kabupaten Kuantan Singingi,” harap Syamsuar.

No More Posts Available.

No more pages to load.