KBMTR Gelar Munas Ke II, Markus Refwalu Terpilih dan Nahkodai untuk Periode 2023-2028

oleh -29 Dilihat
Markus Refwalu secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum DPP KBMTR dalam Munas ke II untuk periode 2023-2028 di M-One Hotel pada Minggu (30/10/22)

BOGOR( Literasi.co.id ) – Ratusan pengurus dan anggota dari Keluarga Besar Maluku Tenggara Raya (KBMTR) antusias ikuti dan hadiri acara Musyawarah Nasional (Munas) ke II, yang mengusung tema ” KBMTR Dipersatukan Di Indonesia ” ini berlangsung di Ballroom Lantai 4 M-One Hotel, Jalan Raya Bogor, Kabupaten Bogor pada Minggu ( 30/10/22 ).

Acara Munas ke II ini dalam rangka pemilihan ketua Umum DPP yang baru untuk masa bakti 2023-2028 dihadiri puluhan DPW dan DPD KBMTR seluruh Indonesia, dengan diawali sidang pleno serta LPJ dari kepengurusan sebelumnya yaitu kepemimpinan Bartje Rumfan yang menahkodai Ketum DPP KBMRT sejak 2018-2023.

Hasilnya Munas II KMBTR, secara aklamasi dimenangkan oleh Markus Refwalu, S.Pd yang awalnya menjabat sebagai Ketum DPW KBMTR DKI Jaya ( Jakarta )

” Pada malam ini, setelah hasil munas dengan disaksikan seluruh pengurus DPW dan DPD memberikan emban amanah kepada saya untuk bisa memimpin 5 tahun kedepan di DPP KBMTR. Ucapan terimakasih atas kepercayaannya, dan kedepannya saya kan melihat dalam kepengurusan yang lama apa perlu ada yang diganti atau tidaknya dan termasuk program yang sudah dijalan sebelumnya,” ungkap Markus Refwalu Ketum Terpilih pada Munas II KBMTR pada Minggu (30/10/22) malam.

Dirinya berharap, secepatnya akan segera merombak atau memperbaharui berbagai program baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang untuk kelangsungan di DPP KBMTR, karena secara teknis masih banyak terkendali hingga pihaknya belum bisa Go Publik secara menyeluruh.

” Perjalanan dalam memimpin 5 tahun kedepan, tentu saya tidak bisa sendiri, ini membutuhkan dukungan dan sinergitas dari semuanya serta termasuk visi dan misi kita programkan dengan semua pembina, penasehat, DPP DPW, DPD termasuk inisiator atau pencetus dari KMBTR itu sendiri. Semoga pergerakan KBMTR kedepannya bukan hanya melangkah saja, tetapi bagaimana caranya kita harus bisa melompat dari program yang dijalankan di kepengurusan sebelumnya,” tandasnya.

Yang tak kalah penting menurutnya, adalah sinergitas yang harus dijalin dengan pihak kepemerintahan, seperti yang sudah dilakukan sebelumnya di kepemimpinan di DPW DKI Jakarta. Dirinya menginginkan cakupan dalam sinergitasnya akan semakin luas, termasuk dengan kepemerintahan dengan pihak Presiden.

” Sinergitas dengan seluruh elemen sangat penting, termasuk dengan pemerintah. Nah semasa saya di DPW itu sudah kita lakukan sinergitas dengan pemerintahan provinsi DKI Jakarta, sekarang cakupan dan tanggungjawab saya akan semakin besar, dan bagaimana caranya kita bisa membuat sinergitas dengan pemerintahan Indonesia melalui Presiden hingga Kementrian dalam upaya membuat sinergitas dengan KBMTR,” papar Markus dengan bangganya.

Dalam kesempatan yang sama, Umar Kei salah seorang penasehat dari KBMTR menyambut baik dan sekaligus mengapresiasi atas terpilihnya Markus Refwalu sebagai Ketum DPP KBMTR masa bakti 2023-2028. Dirinya berharap melalui Organisasi Tenggara ( Ortega ) memiliki budaya yang sangat kental dan kuat, harus bisa bersinergi dengan semua Ormas dan OKP yang ada.

“Kehadiran dari KBMTR tentunya sudah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, melalui kepedulian kita di kegiatan pencegahan covid-19 dengan DPP yang terjun langsung di seluruh pelosok, merupakan bentuk sinergitas dan kepedulian kami sebagai organisasi dari Maluku Tenggara. Jadi saya berpesan, harus komunikasi, sosialiasi dengan pihak pemerintah, ormas, okp dan semua elemen guna menjaga kesatuan, persatuan dan keamanan NKRI tercinta ini,” harap Umar yang menjabat juga sebagai Ketua dari Forum Maluku juga.

Seperti diketahui, bahwa Maluku tenggara memiliki 4 Kabupaten yaitu Kab Maluku Tenggara, Kab Kepulauan Aru, Kab Maluku Barat Daya, Kab Kepulauan Tanimbar. Yang kental dengan ciri khas ORTEGA ( Orang Tenggara ) yang memiliki slogan adat Larvul Ngabal, Jargaria, Duan Lolot, Kal Wedo.

Usai Munas II, seluruh pengurus dan anggota merayakan dengan mengikuti alunan musik dan nyanyian khas dari Maluku. Tampak terlihat raut kebahagiaan dari wajah-wajahnya untuk bersama-sama merayakan kepemimpinan baru yaitu Markus Rafwalu yang akan menahkodai DPP KBMTR untuk lima tahun kedepan.

No More Posts Available.

No more pages to load.